Berita

Kadin Sumut Terima Kunjungan Sequa gGmbH Partner of Jerman Business
8 August 2011 14:19
 
 WKU Kadinsu Bidang Investasi dan Kerjasama Ekonomi Internasional, DR. Ir. Jonner Napitupulu (berjabat tangan) dengan Ms. Hardt (Manager Proyek Sequa gGmbH Partner of German Business), saat menyerahkan PIN sebagai tanda pertemuan, didampingi Komite Tetap Pengembangan Kewirausahaan , Dayan Sutomo (keempat dari kanan) dan Direktur Eksekutif, Hendra Utama, S.Sos, MSP (kedua dari kanan)
 
Saat ini Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Utara membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, terampil, profesional serta memiliki kompetensi yang dapat diterapkan dalam peningkatan usaha maupun penerapan di sektor industri. Hal ini tentunya akan dapat diwujudkan melalui peran aktif lembaga-lembaga Training yang ada di Sumatera Utara, dalam melatih dan mendidik calon tenaga kerja maupun para pekerja dalam meningkatkan keahlian.
Demikian ujar Wakil Ketua Umum Kadinsu, DR. Ir. Jonner Napitupulu, didampingi, Komite Tetap Pengembangan Kewirausahaan, Dayan Sutomo, Komite Tetap Jasa Perbankan, Kala, Direktur Eksekutif/sekaligus Penanggungjawab LPU Training Centre, Hendra Utama, S.Sos, MSP, saat menerima kunjungan sequa gGmbH Partner of German Business, Tim Evaluasi Kemitraan Pendidikan Kejuruan Profesi Jerman, Ms. Hardt (Manager Proyek Sequa gGmbH), Mr. Dr. Glockauer (Pemimpin bagian Pendidikan Kejuruan dan Training di Kadin Hochrhein - Bodensee), Mr. Trede, DE dari Applicatio Training & Management gGmbH dan Mr. Ari sebagai interpreter, di Kantor KADIN Sumut, Jl. Sekip Baru No. 16 Medan, (03/08).
Menurut Jonner, kunjungan Sequa gGmbH Partner of German Business tentunya akan memberi motivasi tersendiri bagi Kadin dalam mengelola lembaga Training yang telah ada.
Dalam kesempatan yang sama, Hendra mengatakan bahwa Kadin Sumatera Utara saat ini telah memiliki Training Centre. Unit Training Centre ini sudah berjalan satu tahun ini. Adapun Visi dan Misinya adalah "Menjadi Lembaga Pendidikan Profesi Berkualitas dan Menciptakan Wirausaha yang Sukses" dan Misinya "Menjadikan Manusia yang Siap Bekerja Cerdas, Tuntas dan Iklas"
Dikatakan lebih lanjut, ada 3 kriteria dalam membangun system diklat, yang didasarkan pada, pertama Berbasis Kompetensi (Competency Based Training), kedua Berorientasi pasar Kerja (Demand Driven),dan yang ketiga Berlaku Lintas Sektoral.
Saat ini Prioritas Program adalah pengembangan SDM melalui pendidikan vokasional (SMK) yakni Pengembangan yang berkesinambungan melalui Competency Based Training dan Competency Based Assessment pada semua level pendidikan & latihan dan juga menetapkan standard Competency Based Performance untuk semua level dan jenis klasifikasi pekerjaan pada sektor industry.
Dalam memenuhi kebutuhan SDM yang memadai (kompeten) yang bertujuan meningkatkan kualitas produk dalam rangka mengantisipasi pasar serta efisiensi, diperlukan perhatian dunia industri agar para pekerja memiliki keahlian sesuai yang diharapkan. "Ujar Hendra.
Sementara pihak Sequa gGmbH Partner of Jerman Business, Ms. Hardt (manajer proyek) mengatakan kunjungan pertamakali ini ke KADIN Sumatera Utara, antara lain untuk mengetahui keberadaan dan kedudukan LPU Training Centre yang dikelola oleh tenaga Sekretariat yang terampil. Hal ini bertujuan, jika nantinya banyak kesamaan dalam Visi dan Misi yang di jalankan, tentunya kita akan bermitra."ujarnya.
Mr. Dr. Glockauer (Pemimpin bagian Pendidikan Kejuruan dan Training di Kadin Hochrhein - Bodensee) menambahkan sequa berdiri untuk kualitas dan layanan dalam Lingkungan bisnis yang baik terhadap negara-negara mitra. Organisasi keanggotaan bisnis yang lebih efektif serta Standar sosial yang berkesinambungan. Akses yang lebih baik bagi pelatihan dan pendidikan kejuruan.
sequa melakukan berbagai kegiatan dan lebih banyak lagi kerangka kerja dari program dan proyek yang dibiayai oleh pihak swasta dan publik. Tujuan Kami adalah mempromosikan ekonomi pasar sosial dan kualitas pelatihan kejuruan dalam mengembangkan dan mentransformasikan negara lebih baik dalam pasar yang berkembang, di seluruh dunia. Sebagai perusahaan nirlaba sequa menjalin kerjasama yang erat dengan pihak shareholders-4 teratas dari organisasi bisnis Jerman. Selama hampir dua dekade ini, Kami menawarkan berbagai layanan dalam wilayah pengembangan proyek dan manajemen program bagi para pemegang saham dan para anggota mereka-Kamar Dagang, Perkumpulan, Perusahaan Swasta. Ini membuat sequa organisasi berkembang pada sektor swasta Jerman.
Sejauh ini, sequa telah melaksanakan dengan sukses hampir 600 proyek di lebih dari 100 negara-terutama Eropa Timur, Asia, Timur Tengah, di Afrika dan Amerika. Tim Kami khusus menangani proyek internasional, dalam hal konsultasi dan pelatihan mitra serta melaksanakan bagaimana program bantuan. Diantara klien Kami adalah : The federal German Ministry Of Economic Cooperation and Development (BMZ), the European Commission, the International Finance Corporation (IFC), the United Nations Development Organization (UNIDO), the German Agency for Technical Cooperation (GTZ) serta perusahaan swasta dan organisasi dari berbagai negara dan sektor.
Strategi sequa's yang didefinisikan adalah bertindak sebagai penghubung diantara pengembangan kerjasama dengan sektor swasta. Kami menggerakkan bagaimana organisasi bisnis Jerman dan Perusahaan-perusahaan terhadap keuntungan dari kerjasama internasional. Kami menawarkan kepada mitra luar negeri mengetahui keseluruhan bagaimana membangun struktur ekonomi berorientasi ke masa depan. Kami memberi saran mitra Jerman dalam hal bagaimana rencana dan pelaksanaan proyek mereka. Kami mendukung perusahaan eropa berinvestasi dalam pengembangan dan perubahan negara dalam kerangka kerja daripada Kemitraan Publik Swasta / Public Private Partnership ( PPP)- Program didanai oleh Kementrian Pembangunan dan Kerjasama Ekonomi Federal Jerman(BMZ). Kami menyediakan dana untuk peserta pelatihan Jerman dan pekerja terampil atau para profesional untuk dapat magang keluar negeri. Ini sangat penting bahwa sequa menggunakannya luas berbasis nasional dan internasional terhubung untuk mempromosikan jaringan antara perusahaan swasta, perkumpulan bisnis, Kamar Dagang dan para stake-holders.
Sebelum pertemuan berakhir, Jonner Napitupulu mengungkapkan agar kemitraan dapat segera terjalin. Sehingga lembaga-lembaga pelatihan/Training dapat lebih memfokuskan diri dalam mengembangkan SDM yang kompeten. "paparnya.

Galeri

Tidak Ada Galeri

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It Email This More...

  Kembali         Cetak

© Copyright, 2010 - Kadin Sumatera Utara Indonesia. Designed by Webindo