Berita

PERTEMUAN KADINSU JICA EXPERT
Tentang Proyek Untuk Memperkuat Pemanfaatan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang, Fokus Pad
8 August 2011 14:09

 

 

Pertemuan antara JICA Expert dengan Kadin Sumatera Utara pada Hari Kamis, Tanggal 28 Juli 2011 berlangsung di Gedung Kadinsu, dihadiri oleh perwakilan JICA Expert di Jakarta yaitu, Mr. Yokota Kazuo, Mr. Ando Hisao, Mr.Hiroshi Saito,dan Ms. Mika Kuroda. Dari pihak Kadinsu dihadiri oleh Irfan Mutyara,SE (Ketua Umum Kadinsu), Dayan Sutomo ( Komite Kadinsu Bidang UMKM),dan Hendra Utama,S.Sos, MSP, (Direktur Eksekutif Kadinsu).Pertemuan dipimpin oleh Bapak Irfan Mutyara,SE,(Ketua Umum KadinSu)ini membahas mengenai maksud dan tujuan JICA untuk memperkenalkan program yang mereka laksanakan untuk penguatan pemanfaatan kerjasama ekonomi antara pemerintah Jepang-Indonesia /The Project for Strengthening the Utilization of Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), khususnya di Sumatera Utara. Program ini berlangsung selama tiga tahun mulai tahun 2011 -2014 dan memiliki tiga fokus utama untuk dilaksanakan di Sumatera Utara, yaitu :

1)        IJEPA bertujuan untuk mengembangkan Industri Usaha Kecil dan Menengah yang ada di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

2)       Mensosialisasikan kepada publik/masyarakat mengenai program mereka di Indonesia

3)       Melaksanakan langkah-langkah untuk mendorong pemanfaatan perlakuan tarif khusus bagi usaha yang potensial dipilih sebagai contoh.

 

Hendra Utama,S.Sos,MSP, Direktur Eksekutif Kadinsu menyampaikan beberapa produk unggulan Sumatera Utara yang telah di ekspor ke luar negeri antara lain ke Timur Tengah dan ke berbagai negara di Asia maupun Eropa.Direktur Eksekutif juga menjelaskan kepada pihak JICA tentang produk unggulan yang ada di Sumatera Utara seperti CPO(Crude Palm Oil),Rubber,Cocoa,Buah-buahan,dan Perikanan. Pihak JICA menjelaskan bahwa propinsi lain di luar pulau Sumatera yang menjadi tujuan adalah Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Pihak JICA tertarik dengan Sumatera Utara setelah melakukan dialog dengan Konsulat Jenderal Jepang di Medan, serta Propinsi Sumatera Utara merupakan salah satu Propinsi yang masuk ke dalam program Pemerintah Indonesia dalam hal MP3EI ( Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia). Pada kesempatan ini Dayan Sutomo dari Komite Kadinsu Bidang UMKM menjelaskan bahwa produk UMKM dari Medan telah sampai ke Jepang melalui JICA, tetapi terkait masalah perizinan,serta regulasi dari pemerintah Jepang yang sangat ketat seperti kemasan produk dan higienis, karena Pemerintah Jepang sangat selektif dalam menyeleksi produk yang akan dipasarkan di Negara Jepang. Mr. Yokota Kazuo sebagai Team Leader Proyek IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement) menjelaskan maksud & tujuan datang ke Sumatera Utara adalah untuk bekerjasama dengan KadinSu & pelaku usaha Kecil dan Menengah Sumatera Utara dalam memajukan perekonomian Sumatera Utara melalui ekspor - impor produk unggulan (khusus produk Usaha Kecil dan Menengah). JICA siap membantu pelaku usaha meningkatkan kualitas produk agar mampu menembus pasar di Jepang (Luar Negeri). Terkait dengan hal ini maka diperlukan adanya perbaikan teknologi, seperti mesin dalam hal pengolahan serta masalah pemasaran, dukungan dari pihak JICA lainnya adalah untuk Jangka panjang,yaitu Tenaga Ahli terdiri dari Kepala Penasehat, Ahli Promosi, dan Koordinator Proyek, Untuk Jangka pendek, Para Ahli akan ditugaskan apabila dibutuhkan dan sesuai kesepakatan bersama, serta penyelenggaraan pelatihan di Jepang, Pelatihan di Jepang akan diselenggarakan apabila diperlukan dan sesuai kesepakatan bersama.

Pada kesempatan ini,Ketua Kadin Sumut Irfan Mutyara,SE menyampaikan bahwa produk Sumatera Utara terutama Agriculture sangat bermutu dari segi kualitas dan rasa dibandingkan negara lain,potensi pasar Jepang akan semakin mudah ditembus apabila adanya kerjasama antara JICA-Kadinsu.Contohnya, produk kentang organik dari Sumatera Utara selama ini diekspor ke Singapura, kemudian oleh Pemerintah Singapura diekspor ke Jepang. Selain itu beberapa produk agriculture/pertanian lainnya seperti contohnya nanas,ubi jalar juga sangat berkualitas. Pertemuan ini akan berlanjut dan saling berbagi informasi antara Pihak JICA-Kadinsu dalam meningkatkan perekonomian Sumatera Utara.

Pertemuan ditutup oleh Bapak Irfan Mutyara, dengan mengucapkan terimakasih kepada Mr. Yokota Kazuo dan para staff JICA. Harapan agar kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar & sukses.

Pertemuan ditutup oleh Irfan Mutyara,SE pada pukul 11.00 WIB.

 

Galeri

Tidak Ada Galeri

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It Email This More...

  Kembali         Cetak

© Copyright, 2010 - Kadin Sumatera Utara Indonesia. Designed by Webindo