Berita

Polandia Sangat Berminat Tanamkan Investasi di Sumut
17 June 2011 10:23

Polandia sangat berminat menenemkan investasi dan memperluas bisnis di sumatera utara, yang dinilai merupakan salah satu daerah cukup potensial di indonesia.

hal ini diungkapkan Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Romuald Morawski didampingi Konsul Kehormatan Polandia di Medan Dr Jonner Napitupulu yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Sumatera Utara kepada wartawan Rabu(15/6).

Berbicara pada acara Bussiness Launcheon (Expause Trade Between Poland and North Sumatera) yang dihadiri para pengusaha dalam naungan Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara di Grand Aston Cityhall Hotel Medan, Romuald Morawski menyatakan sangat bergembira bila dapat meningkatkan jalinan hubungan bisnis di daerah ini.

untuk itu dia berencana akan membawa para pengusaha polandia jesumut dan juga sebaliknya mengundang pengusaha sumut juda berinvestasi dan membuka perwakilan dagang di polandia, sehingga lebih memudahkan berbagai urusan kedua belah pihak.

Dalam kaitan ini pula, Romuald Morawski merasa senang dengan sudah dibukanya Konsulat Polandia di Medan, dengan mempercayakan Dr Jonner Napitupulu sebagai Konsul Kehormatan.

dengan demikian pihakya setiap saat dapat bertanya kepada Konsul Kehormatan menyangkut Skedul kerjasama bisnis yang mungkin dilakukan di daerah ini.

"Sumut memiliki luas wilayah  71.650,68 Km Persegi, dengan populasi penduduk 12,5 juta jiwa dan pertumbuhan ekonomi 6,41 % tahun 2010 serta di prediksi dapat meningkat ai 7% pada tahun 2011 atau berada diatas rata rata nasional, dinilai sangat potensial dan ideal menjadi sasaran investasi." katany seraya menabahkan halini juga sudah dibicarakan sebelumnya dengan Ketua Umum Kadin Sumatera Utara H.Irfan Mutyara bersama segenap unsur pengurus lainnya daam pertemuan di Sekretariat Kadinsu.

apalagi sesua Master Plan Pengembangan Pembangunan Indonesia (MP3I) Sumut masuk koridor Sumatera sebagai sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan lumbung energi nasional.

Naik Turun 

Diakui sampai 2010 nilai Ekpor komoditi sumut ke uni eropa masih naik turun denga perincian tahun 2006 tercatat US 58,013 juta Dolar, US 61,869 juta Dolar (2007), US 36,895 juta Dolar (2009) dan US 44,513 juta Dolar (2010) besar harapan dengan adanya peningkatan kerjasama bisnis antar pengusaha kedua belah pihak nilai ekspor sumut ke depan akan lebih jauh lebih besar.

Selanjutnya denga posisiny sebagai salah satu jalan masuk pasar eropa, Jonner Napitupulu memperirakan setidaknya 100 tahun ke depan akan menjadi negara maju/ bsar menggantikan jerman.

Karena itu, katanya adalah langkah yang sangat tepat mulai dari sekarang para pengusaha indonesia dan sumut khususnya. memanfaatkan secara maksimal kesempatan kerjasama bisnis dengan Polandia.

di informasikan selama ini Polandia cukup banyak menimpor kopi dari sumut dan produk tekstil di harapkan terjalinnya kerjasama secara langsung akan lebih banyak lagi produk daerah ini memasuki pasaran Polandia.

Untuk tahap awal prioritas kerjasama yang sedang dijajaki adalah dalambidang pengingkatan Infrastruktur jlan, energi listrik dan gas serta pelabuhan laut maupun udara.

Selain itu, sedang diupayakan pengakuan label halal bagi berbagai jenis makanan dari kedua belah pihak agar segera dapat saling tukar ekspor.

Ini merupakan kesempatan kedua kalinya Romuald Morawski berkunjung ke Sumut setelah tahun 2010 melakukan ekspansi melalui berbagai seminar bisnis.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisperindag) Sumut H.Darwinsyah SH. Ketu DPD Real Estat Indonesia (REI) Ir Tomi Wistan, unsur Wakil ketua Umum Kadinsu antara lain Dayan sutomo dan para pengusaha lainnya.  

Galeri

Tidak Ada Galeri

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It Email This More...

  Kembali         Cetak

© Copyright, 2010 - Kadin Sumatera Utara Indonesia. Designed by Webindo