Berita

KADIN Bekerja Sama dengan JETRO dan AOTS
Kirim 30 Orang Pelatihan di Yokohama Jepang
30 March 2011 09:43
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, bekerjasama dengan Japan External Trade Organization (Jetro) dalam pelaksanaan program Bimbingan Usaha dan program One Village One Product (OVOP). Program ini telah dilaksanakan sejak bulan Juni 2009. Dalam kedua program tersebut, Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara (Kadinsu) dijadikan sebagai Pilot Project dalam pengembangan dan pembinaan UMKM di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.
Dalam kaitan tersebut, KADIN Sumatera Utara telah berkesempatan untuk mengikuti Program Functional Enhancement of Chambers of Commerce and Industry for Indonesia (ENCI2) pada tanggal 28 February - 9 Maret 2011, di Yokohama Jepang. Program ini merupakan program yang ketiga kalinya. Sebelumnya Kadinsu telah mengikuti program ENCI di Tokyo dan ENIM di Yokohama Jepang pada bulan Februari dan November 2010 yang lalu.
Pada program Functional Enhancement of Chambers of Commerce and Industry for Indonesia (ENCI2) kali ini, KADIN Sumatera Utara mengirimkan tiga orang peserta dimana dua orang dari unsur Dewan Pengurus Kadinsu yakni Ir. Hervian Tahier dan Dhody Thahir, SE, MBA, dan satu orang dari unsur Perbankan. Untuk Perbankan diwakili Bank Sumut yakni Hadi Sucipto. Kadinsu melihat bahwa selama ini Bank Sumut sangat peduli dalam dalam pembinaan dan pengembangan UMKM di Sumatera Utara. Dengan harapan dapat bersama-sama nantinya mengembangkan dan memajukan UMKM di Sumut. Program ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari Kadin Indonesia, Kadin Sumatera Utara, Kadin Riau, Kadin Bengkulu, Kadin Banten, Kadin Sulawesi Selatan dan Bank Sulsel. Bertindak sebagai koordinator Mr. Kazuhisa Matsui yang menjabat sebagai koordinator Kadin-Jetro.
Ada beberapa tujuan dari dari program ini dilaksanakan antara lain menjalin koordinasi yang lebih erat dengan beberapa Kadin yang ikut dalam program ini, selanjutnya mengupayakan beberapa rumusan yang telah dibuat untuk di implementasikan dalam menjadikan UKM yang tangguh dan mandiri. Selain itu ingin mengembangkan jaringan kerjasama dan informasi skala nasional maupun internasional, meningkatkan tim kerja dalam melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Selanjutya memformulasikan/memprogramkan pelatihan untuk menghasilkan lebih banyak UKM yang tangguh dan mandiri. Dan yang terakhir meningkatkan kerjasama dengan pihak Perbankan, instansi pemerintah serta konsultan-konsultan UKM maupun para Pembimbing Usaha yang ada di Kadin dalam meningkatkan produk UKM yang berdaya saing tinggi.

Galeri

Tidak Ada Galeri

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It Email This More...

  Kembali         Cetak

© Copyright, 2010 - Kadin Sumatera Utara Indonesia. Designed by Webindo