Berita

Entrepreneur Go To Campus, Peran KADIN Dalam Membentuk Jiwa Kewirausahaan
19 December 2012 10:30

Saat ini Indonesia hanya memiliki ± 1,56% Wirausaha dari 240 juta jiwa penduduk. Jumlah tersebut masih sangat kecil sekali jika dibandingkan dengan Negara tetangga dan beberapa Negara lainnya. Padahal jumlah yang ideal untuk menjadi Wirausaha di Indonesia adalah 2%-3% dari jumlah penduduk. Coba bayangkan, persentase penduduk Singapura yang berwirausaha telah mencapai 7% . Malaysia mencapai 7%. China mencapai 10%. Jepang mencapai 10%. Sedangkan yang tertinggi adalah Amerika Serikat sebesar 11,5% - 12%.

Melihat kondisi yang ada, KADIN Sumatera Utara, melalui program KADIN Indonesia secara nasional mempunyai prioritas dalam pengembangan Wirausaha ini. Sampai dengan tahun 2015, diharapkan dapat menciptakan wirausahawan-wirausahan baru sebanyak 4 juta orang.

Tentunya dalam mewujudkan program ini, KADIN tidak bisa berjalan sendiri. Diharapkan dapat bersinergi dengan para stakeholders, Instansi terkait, Perguruan Tinggi dan lembaga pemerhati pengembangan Kewirausahaan.

Demikian inti paparan Wakil Ketua Umum Kadin Sumut, Bidang UMKM dan Industri kreatif, Ichsan Taufiq yang didampingi Koordinator Layanan Pengembangan Usaha (LPU) Training Center Kadin Sumut, Diaz Wardianto. WK, pada acara Seminar Kewirausahaan yang dilaksanakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Medan, di Gedung BI Medan lt. 8, (19/12).