Berita

PENGEMBANGAN SDM BAGI CALON PEKERJA/WIRAUSAHA BARU DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DAERAH
9 December 2012 10:30

Era globalisasi dengan sistem pasar terbuka saat ini menjadikan perubahan-perubahan yang sangat cepat di segala bidang yang menuntut standar Internasional menjadi kebutuhan dari setiap anggota komunitas. Kebutuhan ini mau tidak mau menjadi tuntutan bagi Indonesia, sebagai anggota komunitas global untuk memiliki Sumber Daya Manusia dengan kualitas sesuai dengan standar yang dibutuhkan masyarakat global serta yang selalu mampu beradaptasi seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Ketertinggalan Indonesia dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berimbas pada rendahnya kualitas SDM dibanding dengan negara-negara lain. Jagankan dibanding dengan negara Barat dan Eropah dengan negara ASEAN saja kita belum mampu bersaing.

Berbagai hal tersebut ditandai dengan adanya skill missmatch atau pendidikan yang tidak sesuai dengan keahlian atau keterampilan yang diperlukan industri. Kurangnya kerjasama atau kemitraan antar para pemangku kepentingan, seperti pendidikan, perindustrian, asosiasi pengusaha dan dunia usaha itu sendiri, dalam hal ini bisa dikatakan peranan dan kerjasama antar lembaga yang kurang baik dan berbagai hal lainnya. 

Kebutuhan akan SDM dengan kualitas sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh masyarakat global menjadi tantangan bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk tidak hanya memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan saja tetapi menghasilkan pribadi-pribadi  yang berkualitas. Kreativitas, kemandirian, rasa percaya diri, kekritisan, fokus, punya visi serta sikap kepemimpinan, kemampuan bekerja dalam tim, merupakan beberapa kualitas yang diperlukan disamping  pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang masing-masing.

Selain itu juga dunia pendidikan bukan hanya melahirkan para pekerja, namun diharapkan dapat melahirkan Entrepreneur/ Wirausaha-wirausaha baru. Dengan lahirnya wirausaha baru, tentunya dapat menampung tenaga kerja yang lebih banyak. Hal ini mengingat Jumlah wirausahawan Indonesia saat ini minim sekali.

Galeri

Tidak Ada Galeri

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It Email This More...

  Kembali         Cetak

© Copyright, 2010 - Kadin Sumatera Utara Indonesia. Designed by Webindo